Berita Polres

Sat Samapta Polres Langkat Gelar Latihan Dalmas Dalam Rangka Ops Mantap Praja Tahun 2024

sumut.tribratanews.com – Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Bupati Kabupaten Langkat Tahun 2024 Sat Samapta mulai menyiapkan sejumlah personel yang nantinya bakal diterjunkan di lapangan. Tak lain, hal ini guna mendukung aspek pengamanan dan jalannya pesta demokrasi tersebut, Kamis (22/08/2024)

Adapun, mengenai persiapan yang dilakukan aparat kepolisian sendiri. Sejumlah personel secara rutin melaksanakan pelatihan pengendalian masyarakat (dalmas). Seperti halnya yang dilaksanakan personel Samapta yang berlangsung di halaman Mapolres Langkat

Pelaksanaan latihan dalmas dipimpin langsung oleh Kasat Samapta AKP Adi Haryono, S.H, dan Kbo Sat Samapta IPTU Boirin SH.

“Terpisah, Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo, SH, SIK M.Si., menjelaskan, pelaksanaan latihan Dalmas dilakukan secara rutin, dimana selain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel, serta kesiapsiagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan, latihan Dalmas juga dilaksanakan dalam menyikapi kesigapan personel dalam menghadapi pesta demokrasi atau Pilkada Serentak di Kabupaten Langkat Tahun 2024.

Lanjutnya, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

“Sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pesta demokrasi nantinya. Personel tetap humanis. Tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan,” AKBP David Triyo

Sementara itu Kasat Samapta AKP Adi Haryono, S.H Melalui Kasi Humas AKP Rajendra Kusuma saat di konfirmasi Mengatakan latihan ini untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah di dapat selama pendidikan sehingga semua anggota Polres yang bertugas di lapangan selalu siap dan mampu menghadapi semua tantangan dalam bentuk ikatan kesatuan.

“Adapun materi yang diajarkan meliputi latihan dalmas tanpa tameng diantaranya Sikap Siaga, Sikap Pokok, Sikap Dorong, Desak Muju, dan sikap tangan berkait. Selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksnakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat”tutur Kasi Humas AKP Rajendra Kusuma. (wd)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button