Berita Polres

Polres Labusel Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2024 Di SBBK Kotapinang

sumut.tribratanews.com – Kapolres Labuhanbatu Selatan, AKBP Arfin Fachreza, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili oleh Kabag Begpal AKP Abdul Rahman Manurung, S.H., menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 yang digelar oleh Pemkab Labuhanbatu Selatan berlangsung khidmat pada Selasa (22/10/2024) di Lapangan SBBK, Kotapinang, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag., Danramil 11 Kotapinang MAYOR Inf Hendra Gunawan, Kakankemenag Labuhanbatu Selatan H. Awaluddin Habibi Siregar, Plt Ketua MUI KH. Makmur Ismail Harahap, Ketua PD DMI Labuhanbatu Selatan Ir. Ralikul Rahman, Ketua Badan Persatuan Pondok Pesantren Kabupaten Labuhanbatu Selatan H. Muhammad Hatta Hasibuan, S.Ag., Camat Kecamatan Kotapinang Efendi Batubara, S.H., dan sejumlah pimpinan lembaga Keagamaan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Ahmad Padli Tanjung mengingatkan kembali tentang peran santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu peristiwa penting yang melibatkan para santri adalah “Resolusi Jihad” yang dikeluarkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini mengobarkan semangat jihad di kalangan santri untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan.

“Santri berperan penting dalam mempertahankan NKRI, dengan fatwa Resolusi Jihad, mereka tak gentar melawan penjajah,” tegas H. Ahmad Padli Tanjung.

Usai upacara, Kapolres Labuhanbatu Selatan, AKBP Arfin Fachreza, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabag Begpal AKP Abdul Rahman Manurung, S.H.,  menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri ini adalah momentum penting untuk mengingat jasa para santri terdahulu yang berjuang mempertahankan kemerdekaan.

“Kita patut bangga dengan para santri yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan dengan semangat Resolusi Jihad.

Dulu, mereka turun ke medan pertempuran untuk melawan penjajah, sungguh luar biasa jasa mereka,”ucapnya.

Lebih lanjut, beliau menegaskan bahwa di masa kini, perjuangan para santri telah bergeser. Mereka kini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran melalui pendidikan dan kontribusi dalam membangun bangsa.

“Selamat Hari Santri Nasional 2024 dengan tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan.

Tetap semangat dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa Indonesia”.pungkas AKP A. R. Manurung, S.H. [ Ar s]

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button