Top News

Polda Sumut Dibantu Polda Riau Hingga Lampung untuk Amankan PON

sumut.tribratanews.com – Polda Sumut dibantu oleh sejumlah Polda untuk mengamankan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut. Polda yang membantu itu di antaranya Polda Riau, Polda Lampung dan Polda Sumatera Selatan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan akan ada sekitar empat ribu personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan ajang olahraga ini.

“Untuk pengamanan PON, empat ribu lebih personel tergabung dalam operasi dengan sandi Operasi Hatra Toba 2024. Personel ini terdiri dari personel Polda Sumut, ada personel polri yang back-up dari Korlantas, Polda Sumatera Selatan, Polda Riau, Polda Lampung, untuk perkuatan armada pengawalan dari Ditlantas Polda Sumut,” kata Hadi, Kamis (5/9/2024).

Hadi mengatakan para personel yang membantu pengamanan itu telah berada di Sumut. Personel-personel itu akan membantu pengawalan para atlet dari penginapan hingga ke venue-venue pertandingan.

“Personel-personel tersebut sudah ada di Sumut dan sudah mulai melakukan tugasnya mengawal dari tempat penginapan hingga ke venue-venue pertandingan selama kegiatan PON berlangsung,” ujarnya.

Mantan Kapolres Biak Papua itu menyebut pihaknya juga dibantu personel TNI dan Pemprov Sumut untuk mengamankan lokasi-lokasi pertandingan. Hadi mengatakan pihak kepolisian juga telah menyiapkan langkah-langkah jika terjadi kericuhan di venue.

“Petugas pengamanan polisi sudah melakukan langkah antisipasi dengan menempatkan personel yang lebih dari kapasitas sebelumnya yang disiapkan. Tentu itu semua mengacu pada perkiraan-perkiraan intelijen yang dalam setiap pertandingan disampaikan oleh Dirintelkam,” sebutnya.

Mantan Wadirlantas Polda Kalimantan Tengah itu juga menyebut pihaknya akan menjamin keamanan di Sumut selama 24 jam. Untuk itu, dia meminta agar para atlet tidak takut jika ingin keluar pada malam hari.

“Kami pastikan kondisi Kamtibmas Sumut khususnya Kota Medan, aman, nyaman. Siapapun atlet yang ingin beraktivitas atau pun ingin kuliner, menikmati suasana malam Kota Medan, silakan, polisi akan hadir di mana-mana. Polisi dan TNI akan memberikan jaminan keamanan itu,” pungkasnya. [ Ar s]

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button