Berita PolresGiat Kepolisian

Kasat Samapta Polres Samosir, Latih Kecepatan dan Kesiapsiagaan Personil Dalmas

Tribratnews.sumut.polri.go.id – Kasat Samapta Polres Samosir membunyikan Alarm di Mako Polres Samosir. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Samosir, AKP Nandi Butarbutar, S.H., dengan tujuan meningkatkan kesiapsiagaan personil, terutama dari unit Dalmas awal dan Dalmas lanjutan, dalam menghadapi berbagai potensi ancaman. (16/08/2024)

Alarm tersebut dibunyikan sebagai tanda kesiapan menghadapi ancaman terhadap Mako Polres Samosir atau situasi darurat yang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Samosir.

Mendengar bunyi alarm, personil Sat Samapta segera mengambil tindakan dengan mengeluarkan Mobil Truck Dalmas dan peralatan yang diperlukan.

Sembari berkumpul dan memakai perlengkapan dalmas, Kasat Samapta Polres Samosir AKP Nandi Butarbutar, S.H menghitung total waktu yang digunakan personil Dalmas polres Samosir dalam menggunakan perlengkapan dalmas.

Dalam waktu 15 menit, seluruh personil telah siap dengan perlengkapan Dalmas mereka, yang kemudian dipimpin oleh Kasat Samapta untuk berbaris di lapangan Mako Polres Samosir.

Dalam arahan yang diberikan, AKP Nandi Butarbutar, S.H menekankan pentingnya kecepatan dan efisiensi dalam mengenakan perlengkapan Dalmas. “Kita masih terlambat dalam memasang perlengkapan. Idealnya, perlengkapan sudah terpasang maksimal dalam 5 menit. Ini penting agar kita dapat segera merespons situasi dan mencegah eskalasi yang dapat menimbulkan korban,” tegasnya.

Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir,  menyampaikan bahwa “kegiatan ini bertujuan mengecek kesiapan Personil Dalmas Polres Samosir dan ketepatan waktu dalam mengenakan perlengkapan dalmas. Kegiatan simulasi ini juga menjadi persiapan penting menghadapi Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir, di mana potensi aksi massa dan gangguan keamanan menjadi perhatian utama.”

“Latihan intensif kemudian dipimpin Kasat Samapta Polres Samosir dalam hal memakai perlengkapan dalmas hingga pukul 11.30 WIB, di mana seluruh personil Dalmas berhasil memenuhi target waktu dan siap menghadapi situasi apapun yang mungkin timbul.”

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan responsivitas dan efisiensi personil Dalmas Polres Samosir dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kabupaten Samosir,” Pungkas BrigPol Vandu P Marpaung. { Ard }

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button